PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2010)

MAYA WULANDARI, KUTINTA (2012) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2010). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari mekanisme corporate governance, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Mekanisme corporate governance diukur dengan menggunakan tiga variabel (kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit). Struktur kepemilikan diukur dengan kepemilikan terkonsentrasi dan kepemilikan menyebar. Ukuran perusahaan diukur dengan logaritma (LN) total aktiva. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Penelitian ini menggunakan data empiris dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan jumlah sampel 26 perusahaan ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba adalah kepemilikan manajerial, komite audit, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan. Variabel kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Mekanisme Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:45
Last Modified: 15 Dec 2016 08:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

View Item View Item