PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012)

Fadli, Umar (2012) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (30kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh dari Intellectual Capital, yang di identifikasi menggunakan konsep inputproses- output dari Human Capital, Customer Capital, Innovation Capital dan Process Capital, kepada Kinerja Perusahaan yang diproksikan dalam 4 rasio yakni Return on Net Operating Assets, Return on Common Equity, Operating Income Ratio, dan Price to Book Ratio. Dari perspektif modal berbasis sumber daya dan intelektual, model jalur structural diterapkan untuk data keuangan untuk menganalisis hubungan diantara empat komponen modal intelektual, serta efek kausal modal intelektual terhadap kinerja perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data dari laporan perusahaan tahun 2008-2012 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan OSIRIS. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 2008-2012.Sampel penelitian ini adalah 15 perusahaan dalam 5 tahun sehingga total sampel 75 perusahaan. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak semua komponen Intellectual Capital memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Innovation Capital memiliki hubungan positif dan signifikan dengan Customer Capital dan Human Capital. Process Capital memiliki hubungan negative dan signifikan terhadap Customer Capital. Human Capital memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Customer Capital serta kinerja perusahaan. Customer Capital memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja perusahaan. Kata kunci : Intellectual Capital, Human Capital, Customer Capital, Innovation Capital, Process Capital, Kinerja Perusahaan, Return on Net Operating Assets, Return on Common Equity, Operating Income Ratio, dan Price to Book Ratio.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:43
Last Modified: 15 Dec 2016 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10036

Actions (login required)

View Item View Item