Analisis Dampak Stock Split dan Reverse Split Terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan Periode 2003-2010 (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

MAYASARI, RINI (2012) Analisis Dampak Stock Split dan Reverse Split Terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan Periode 2003-2010 (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak stock split dan reverse split, dengan menggunakan abnormal return saham dan trading volume activity. Penelitian ini menggunakan event study, dengan melakukan pengamatan terhadap abnormal return dan volume perdagangan selama sepuluh hari sebelum, pada saat dan lima hari sesudah pengumuman. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan ada 69 perusahaan yang terdiri dari 50 perusahaan yang melakukan kebijakan stock split dan 19 perusahaan yang melakukan kebijakan reverse split selama tahun 2003-2010. Pengujiannya menggunakan one sample t test, paired sample t test dan regression. Hasil dari pengujian ini terdapat abnormal return yang signifikan pada hari-hari diseputar pengumuman stock split, yaitu t-4. Tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return yang signifikan pada pengumuman stock split dan terdapat perbedaan yang signifkan antar TVA sebelum dan sesudah stock split. Tidak berpengaruhnya ROA, DER dan VOL terhadap abnormal return. Sedangkan untuk reverse split terdapat abnormal return yang positif pada hari-hari diseputar pengumuman reverse split, yaitu pada t+1. Tidak terdapatnya perbedaan signifikan abnormal return pada pengumuman reverse split dan tidak terdapatnya perbedaan yang signifikan antara TVA sebelum dan sesudah pengumuman reverse split. Serta tidak berpengaruhnya ROA, DER dan VOL terhadap abnormal return. Keyword : Abnormal Return, Volume Perdagangan, Stock Split dan Reverse Split

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:05
Last Modified: 15 Dec 2016 03:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10017

Actions (login required)

View Item View Item