PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN PERTAMBANGAN (SMKP) PADA EKSPLORASI PT. PUMA JAYA UTAMA DI PT. VALE INDONESIA, SOROWAKO, KABUPATEN LUWU TIMUR, PROVINSI SULAWESI SELATAN

BULAAN, CHINDY F. BUBUN (2016) PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN PERTAMBANGAN (SMKP) PADA EKSPLORASI PT. PUMA JAYA UTAMA DI PT. VALE INDONESIA, SOROWAKO, KABUPATEN LUWU TIMUR, PROVINSI SULAWESI SELATAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

V RINGKASAN PT. Vale Indonesia merupakan salah satu perusahaan pertambangan yang mengelola kekayaan alam berupa Nikel (Ni) terletak di Sorowako, kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam setiap kegiatan eskplorasi yang dilaksanakan selalu melibatkan manusia, peralatan dan berinteraksi dengan alam, sehingga pekerjaan ini tidak terlepas dari berbagai macam permasalahan mengenai tindakan dan kondisi tidak aman yang dapat mengakibatkan kecelakaan dan sakit akibat kerja. Berdasarkan Peraturan Mentri RI ESDM No. 38 Tahun 2014 mengenai Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) wajib dilaksanakan oleh semua perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan. Pada kegiatan eksplorasi Petea-G ditemukan banyaknya kondisi tidak aman. Oleh karena itu, perlu dilakukannya penanganan SMKP salah satunya ialah evaluasi dan tindak lanjut agar dapat berjalan secara optimal dan tidak menimbulkan kerugian. Adapun kegiatan evaluasi yang dilakukan ialah inspeksi pelaksanaan keselamatan pertambangan dengan Safety Observation-Inspection, dan pemberian tindakan disiplin, serta identifikasi potensi bahaya dari penyelidikan kecelakaan dan bahaya akibat kerja dapat dikendalikan dengan cara memonitoring atau melakukan manajemen resiko dengan memberikan penilaian tingkat bahaya yang ada. Sehingga dari penilaian resiko yang ada terhadap kondisi dan tindakan tidak aman dikategorikan bahaya sedang hingga berat dengan nilai rata-rata 8-15.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:51
Last Modified: 15 Dec 2016 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item