PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EXTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2007-2009)

JUNITA SARI, ARMELINDA (2012) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EXTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2007-2009). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)

Abstract

Perkembangan aktivitas di Bursa Efek Indonesia kini berkembang pesat.Setiap perusahaan go publik diwajibkan untuk menyampaikan laporan keuangan yang disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang telah diaudit oleh akuntan publik terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam). Hasil audit atas perusahaan publik mempunyai konsekuensi dan tanggungjawab yang besar. Tanggungjawab yang besar ini memicu auditor untuk bekerja lebih profesional. Salah satu kriteria profesionalisme auditor adalah ketepatan waktu dalam penyampaian laporan auditnya. Selisih waktu antara tanggal tutup tahun buku dengan tanggal pelaporan auditor dalam laporan keuangan auditan menunjukkan lamanya waktu penyelesaian audit yang dilakukan oleh auditor. Perbedaan waktu ini dalam auditing disebut audit delay. Semakin lama audit delay maka semakin lama auditor meyelesaikan pekerjaan auditnya. Penelitian ini mengembangkan penelitian terdahulu dengan menambah variabel opini auditor sebagai salah satu indikator yang mempengaruhi audit delay. Variabel independen dalam penelitian ini antara lain size perusahaan,opini auditor, internal auditor dan ukuran kantor akuntan publik. Sedangkan variable dependennya adalah audit delay. Data diambil dari 65 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007 sampai dengan 2009 dengan secara dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa size perusahaan,opini auditor dan internal auditor merupakan factor yang menentukan terjadinya audit delay, Sedangkan ukuran KAP bukan faktor yang menentukan terjadinya audit delay. Kata Kunci : Audit Delay, Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:13
Last Modified: 15 Dec 2016 02:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10007

Actions (login required)

View Item View Item