PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2008-2010

PURWANTI, YUNI (2012) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2008-2010. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
abstraksi.pdf

Download (62kB)

Abstract

Dalam perdagangan efek khususnya saham, informasi memiliki peran yang dominan. Para investor yang melakukan aktivitas investasi di pasar modal memerlukan berbagai macam informasi yang terdiri dari fundamental dan teknikal. Resiko dan ketidakpastian, jumlah, waktu dan faktor lain yang dapat dipergunakan unuk memprediksi return saham. Informasi kinerja keuangan merupakan informasi yang diperoleh dari kondisi intern perusahaan seperti laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja keuangan perusahaan yang diwakili oleh rasio Earning Per Share ( EPS), Price Earning Ratio (PER), Debt To Equity Ratio (DER), Return on Invesment (ROI), Return on Equity (ROE), dan Price to Book Value (PBV). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2008-2010. Jumlah sampel yang digunakan adalah 11 perusahaan dari 16 perusahaan yang di ambil menggunakan purposive sampling. Periode pengamatan ini tahun 2008-2010. Data sekunder menggunakan metode dokumentasi diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan. Teknik regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh, Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Debt To Equity Ratio (DER), Return on Invesment (ROI), Return on Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV) terhadap return saham. Dari enam variabel bebas yang digunakan hanya variabel Earning Per Share (EPS) yang mempengaruhi return saham. Sedangkan pengaruh Price Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Invesment (ROI), Return on Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV) terhadap return saham tidak berpengaruh. Mengingat keterbatasan peneliti maka penelitian ini dapat dilanjutkan dengan menambah jumlah sampel, dan menambah variabel lain yang belum diteliti pada perusahaan pertambangan. Kata Kunci : Return Saham, Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Invesment (ROI), Return On Equity (ROE), dan Price to Book Value (PBV).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 01:41
Last Modified: 15 Dec 2016 01:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10003

Actions (login required)

View Item View Item